Search

Tips Memilih Panel Akustik yang Tepat

Updated: Aug 18

Panel akustik adalah jenis material akustik portable / modular yang telah di design untuk mengatasi masalah umum di ruangan.

Setiap panel akustik, pastinya memiliki kemampuan akustik (penyerapan / penyebaran) pada target frekuensi tertentu. Perusahaan pembuat panel yang baik, biasanya memiliki data teknis hasil test panel akustik tersebut di labolatorium sehingga kita bisa yakin membeli sesuai kebutuhan ruangan.

lalu bagaimana cara memilih panel akustik yang tepat untuk kebutuhan anda?


  1. Ketahui Masalah dalam ruangan anda. Setiap ruangan memiliki masalah akustik yang berbeda karena faktor ratio ukuran yang berbeda, bentuk & geomteri yang berbeda, jenis material yang berbeda dan juga furniture / benda dalam ruangan yang berbeda. Untuk itu , diperlukan perhitungan analisa terhadap masalah pada ruangan. Anda bisa menggunakan alat bantu seperti software calculator online untuk menghitung masalah akustik seperti Room Modes, Reverb Time, dll. Namun jika anda kurang yakin dan memiliki bentuk ruangan yang kompleks, kami menyarankan untuk menggunakan Jasa Konsultan Akustik yang berpengalaman dalam menganlisa dan mengkalkulasi masalah dalam ruangan, terutama pada ruangan kecil yang lebih memiliki lebih banyak masalah daripada ruangan besar, terutama pada frekuensi rendah.

  2. Menentukan jenis panel yang tepat sesuai masalah tersebut. Ada berbagai jenis tipe panel akustik seperti Absorber / Diffuser yang memiliki target frekuensi berbeda. (baca: tipe panel akustik)

  3. Menentukan konsep desain Akustik. Ada beberapa konsep / filosofi desain akustik , seperti Live End Dead End (LEDE), Reflection Free Zone (RFZ), dan lain sebagainya. Konsep / filosofi tersebut memiliki kelebihan dan kekurangan. Hanya anda yang dapat menentukan kecocokan dengan kebutuhan anda.

Lalu bagaimana jika kita memilih panel akustik sembarang / tanpa kalkulasi yang benar?

Ibarat suatu penyakit yang tidak mendapat obat yang tepat, penyakit tersebut tentunya tidak sembuh, bahkan akan makin parah.

Contohnya adalah pada grafik dibawah ini, dimana sebuah ruangan menggunakan panel akustik sembarang, dan tidak menggunakan panel akustik yang memiliki target frekuensi rendah.

Grafik berwarna Kuning adalah frekuensi respon pada Sumber Suara.

Grafik berwarna Ungu adalah frekuensi respon pada Gema Ruangan.



Terlihat bahwa Grafik Kuning dan Ungu tersebut tidak sama , artinya karakter gema ruangan tidak LINEAR terhadap Sumber suara.

Panjang gema (reverb time) pada frekuensi rendah di ruangan tersebut menjadi tidak berkurang, sedangkan panjang gema pada frekuensi mid - hi sudah berkurang. Akhrinya, karakter suara dalam ruangan tersebut menjadi tidak seimbang / tidak balance, yang pada akhirnya akan merusak suara asli / sumber suara di ruangan tersebut.

Hal ini tentunya sangat tidak ideal untuk ruangan musik / listenting room.

Untuk itu, sebaiknya pemilihan panel akustik tetap mempertimbangkan beberapa faktor diatas agar suara ruangan menjadi maksimal dan lebih baik.


Untuk kebutuhan panel akustik yang dilengkapi data teknis, anda bisa mendapatkan di : www.artcoustic.id . Anda juga akan mendapatkan support dari team acoustic engineer yang berpengalaman.




118 views0 comments

Recent Posts

See All