Search

Jenis-jenis Akustik Treatment

Updated: Jan 7



Seperti yang sudah kita ketahui bersama bahwa ada perbedaan mendasar antara pekerjaan PEREDAMAN SUARA dan AKUSTIK TREATMENT, dimana untuk PEREDAMAN SUARA bertujuan untuk meredam suara antar ruanganan, sedangankan AKUSTIK TREATMENT bertujuan untuk mengurangi / mengontrol gema berlebih dalam ruangan.


Pada kesempatan ini kita akan membahas jenis-jenis AKUSTIK TREATMENT yang bisa anda gunakan untuk mengurangi / mengontrol gema berlebih dalam ruangan.

Berikut adalah beberapa jenis material ABSORBER yang umum digunakan untuk AKUSTIK TREATMENT :


  1. BUSA / ACOUSTIC FOAM ($)

Busa akustik / busa telur adalah yang paling umum dan sering kita jumpai, karena harganya yang relative sangat murah dan cukup efektif untuk menyerap suara / gema berlebih dalam ruangan. Namun perlu diperhatikan bahwa busa telur ini TIDAK MEREDAM SUARA (untuk kebocoran), tapi hanya MENYERAP GEMA, artinya menempelkan seluruh permukaan ruangan dengan BUSA saja tidak akan bisa meredam, namun bisa mengurangi gema.





2. MINERAL WOOL (PADDED WALL) ($$)


Salah satu material akustik yang juga cukup mudah dan biasa digunakan untuk Akustik Treatment (mengurangi gema) adalah material dari mineral wool (seperti rockwool) yang ditutup kain, atau disebut PADDED WALL.

PADDED WALL dengan mineral wool ini lebih efective menyerap suara/gema dibandingkan busa karena densitas yang lebih besar dan ketebalan yang lebih, artinya materi ini bisa menyerap suara lebih efektif dan juga bisa menyerap hingga frekuensi yang lebih rendah dibandingkan busa telur biasa. Penggunaan PADDED WALL / ABSORBER PANEL ini pun bisa diseluruh permukaan atau sebagian saja sesuai kebutuhan & budget.

Berikut adalah beberapa contoh penggunanaan PADDED WALL / ABSORBER di permukaan dinding :





CEILING ABSORBER


3. PERFORATED GYPSUM ($$$)


Selain Busa & Padded Wall, kita bisa menggunakan kombinasi material mineral wool + panel berlubang (seperti Perforated Gypsum) untuk bisa memaksimalkan penyerapan suara. Ini adalah solusi yang sedikit lebih mahal dibandingkan Padded Wall namun dapat meningkatkan efektifitas penyerapan suara. Ruangan akan terdengar lebih natural (karena penyerapan & penyebaran lebih baik). Berikut adalah contoh aplikasi Perforated Gypsum dalam ruangan dan kebanyakan aplikasi ini digunakan di plafon sebagai pengganti gypsum normal biasa.

Namun perlu diingat kembali, fungsi utama akustik treatment ini adalah untuk MENGURANGI GEMA dan bukan MEREDAM KEBOCORAN SUARA.






-------


SINERGI ACOUSTIC adalah konsultan & kontraktor di bidang Arsitektur Akustik & Peredaman Suara.

info tentang team kami : https://www.sinergiacoustic.com/our-team

info tentang alat kami : https://www.sinergiacoustic.com/our-tools

info tentang jasa konsultasi kami : https://www.sinergiacoustic.com/services-1

57 views0 comments
  • Facebook Black Round
  • Instagram - Black Circle
  • YouTube Social  Icon

© Sinergi Acoustic Engineering

part of SAM Group