Search

Perbedaan PEREDAMAN SUARA vs AKUSTIK RUANG

Updated: Aug 15



Dalam dunia akustik ada 2 target utama yang harus kita pisahkan sejak awal untuk bisa mendapatkan solusi yang tepat, yaitu :

  1. PEREDAMAN SUARA / NOISE ISOLATION : teknik untuk meredam suara & menghindari kebocoran baik dari dalam ruangan keluar ataupun sebaliknya.

  2. AKUSTIK RUANGAN / ROOM ACOUSTIC : teknik untuk memperbaiki kualitas suara dalam ruangan, seperti : gema / artikulasi / frekuensi.

PEREDAMAN SUARA memiliki teknik dan fokus yang berbeda dengan AKUSTIK RUANGAN.

Untuk meredam suara / kebocoran, kita perlu menggunakan material yang beragam dan ketebalan yang sesuai dengan kebutuhan. Dalam PEREDAMAN SUARA, kita tidak berhubungan dengan estetika ruangan, sehingga hasil akhir dari proses peredaman ini biasanya hanya berupa dinding polos dan rata (namun didalamnya terdapat material peredaman seperti mineral fiber / rockwool/ mass loaded vinyl, rongga udara, dll).

Dalam melakukan PEREDAMAN SUARA, kita harus memperhatikan 2 komponen, yaitu :

  1. MASA (mass)

  2. KEKAKUAN (stiffness)

Setiap material memiliki kemampuan peredaman yang berbeda (disebut STC) dan dapat dihitung secara pasti agar tidak over-budget dalam membangun peredaman suara. Selain itu, rongga udara (air gap) juga membantu meningkatkan efektifitas dari peredaman itu sendiri, dan jarak rongga dapat juga dihitung supaya mendapat peredaman suara yang pasti dan terukur.

Kami di Sinergi Acoustic memiliki software khusus untuk menghitung peredaman suara untuk memprediksi hasil sebelum pekerjaan dilakukan. (info lanjut jasa peredaman : klik disini)


Sedangkan untuk AKUSTIK RUANGAN (ROOM ACOUSTIC), kita harus memperhatikan 3 komponen dasar, yaitu :

  1. Penyerapan (absorption) : membutuhkan material soft yang dapat menyerap suara

  2. Refleksi (pantulan) : membutuhkan material keras utk dapat full memantulakn suara.

  3. Diffusi (Diffusion) : membutuhkan material keras & tidak rata untuk menyebar suara.





Ketiganya memiliki fungsi yang berbeda untuk menyelesaikan masalah akustik dalam ruangan. Untuk itu dibutuhkan alat ukur untuk memastikan masalah dasar dalam ruangan, sehingga kita bisa memberikan solusi yang tepat.

Material untuk AKUSTIK RUANGAN biasanya berbentuk panel akustik yang dapat di copot pasang (seperti busa telur / diffuser ) ataupun bisa dibuat permanen dalam bentuk interior akustik untuk kebutuhan spesifik dan professional. Setiap material juga memiliki kemampuan penyerapan (absorbsi koefisien) dan kemampuan penyebaran (scattering coefisien) yang beragam.

Untuk itu, kami di Sinergi Acoustic juga memiliki berbagai alat ukur untuk mengukur masalah ruangan dan software untuk mensimulasi / memprediksi ruangan setelah dilakukan treatment perbaikan. Bahkan sebelum proyek dimulai, kami bisa memberikan prediksi hasil suara yang dapat didengar secara audible (auralisasi) oleh klien kami. (info lanjut seputar jasa akustik ruang : klik disini)


Kami juga menyediakan panel akustik (ready to use) yang di-design oleh team kami untuk keperluan sederhana di rumah / komersil.

more info : Call/WA : 0895 7010 67970




81 views
  • Facebook Black Round
  • Instagram - Black Circle
  • YouTube Social  Icon

© Sinergi Acoustic Engineering

part of SAM Group