Search

Menentukan Panjang Gema Ideal

Updated: Aug 1


Apakah anda pernah merasa senang saat bernyanyi di dalam kamar mandi karena suara anda terdengar lebih bagus? Jika dilihat dari sisi akustik kamar mandi merupakan ruangan yang sangat reflektif sehingga menyebabkan suara dapat bertahan di udara lebih lama daripada ketika berada pada ruangan lain yang memiliki material penyerap suara (contohnya penyerapan dari sofa/gorden/karpet).

(foto pengukuran akustik ruang W-home hotel)


Hal ini menunjukan bahwa kamar mandi merupakan ruangan yang bergema atau disebut memiliki "waktu dengung" yang tinggi sehingga suara nyanyian akan terasa lebih ‘live’ dan menimbulkan kepuasan tersendiri bagi si penyanyi.


Dari contoh di atas berikutnya akan timbul pertanyaan apakah ruangan yang memiliki waktu dengung tinggi itu baik secara akustik?

Jawabannya adalah tergantung dari fungsi ruangan tersebut.

Untuk ruangan yang berfungsi sebagai tempat perform musik biasanya membutuhkan waktu dengung yang tinggi agar suara musik terasa mengalir dan dapat dinikmati.

Tetapi sebaliknya untuk ruangan yang digunakan untuk meeting dan terdapat banyak percakapan di dalamnya maka dibutuhkan waktu dengung yang rendah agar kata-kata dari pembicara dapat terdengar dengan jelas dan tidak saling tumpang tindih.


Berikut adalah contoh kebutuhan waktu dengung pada fungsi ruangan yang berbeda:




Sumber: SoundAssured


Dari gambar di atas, dapat dilihat untuk kebutuhan rekaman dan kegiatan pembelajaran dibutuhkan ruangan dengan waktu dengung yang rendah (<1 detik) sedangkan untuk kebutuhan konser band dan konser klasik dibutuhkan ruangan dengan waktu dengung yang lebih tinggi. Dengan menentukan fungsi ruangan dan target waktu dengung yang ingin dicapai maka dapat digunakan treatment akustik yang sesuai dan diperoleh ruangan yang tepat guna secara akustik.


Lalu bagaimana untuk mengetahui dan memprediksi Waktu Dengung (gema) dalam ruangan?

Jawabanya adalah dengan 2 cara :


1. PENGUKURAN LANGSUNG. Hal pertama yang paling mudah adalah dengan melakukan pengukuran Akustik dengan alat ukur khusus untuk bisa melihat berapa waktu dengung pada ruangan anda.

Perlu diperhatikan bahwa Waktu Dengung adalah Terkait Frekuensi, jadi anda tidak dapat hanya mengukur di satu frekuensi saja, karena suara yang dapat didengar manusia adalah suatu rentang frekuensi dari 20hz - 20khz. karena itu pengukuran pun harus mencakup seluruh rentang frekuensi tersebut. Metode yang dilakukan pun harus memenuhi standard ISO, supaya hasil dapat dipertanggung jawabkan.


2. PREDIKSI SOFTWARE / SIMULASI. Dengan teknologi digital saat ini, kita dapat memprediksi Waktu Dengung pada ruangan tanpa mengukur di lapangan, asalkan kita mengetahui secara spesifik ukuran ruangan dan material yang digunakan. Namun hal ini sangat sulit dilkakukan jika ukuran ruangan berbentuk tidak simetris dan terdapat berbagai material dalam ruangan yang sangat beraneka ragam.


Berikut adalah contoh hasil pengukuran akustik yang kami lakukan terhadap Waktu Dengung dalam ruangan, menggunakan alat ukur akustik Class-1 dan prediksi terhadap hasil setelah dilakukan akustik treatment.


Graphic Orange merupakan hasil pengukuran awal di ruangan , terlihat waktu dengung maksimal terdapat di frekuensi 1khz dengan nilai lebih dari 3 second.

Graphic Hijau merupakan hasil pengukuran akhir di ruangan setelah dilakukan acoustic treatment menggunakan panel akustik dari ARTCOUSTIC.




Ditulis oleh: Melissa Novembrianty Hermanto

63 views0 comments

Recent Posts

See All