Search

TEKNIK PEREDAMAN SUARA YANG BENAR

Updated: Oct 13



Banyak orang mengira bahwa meredam suara semudah menempel panel saja di beberapa titik, atau sebagian berpikir dengan menempelkan mineral wool (rockwool / glasswool / rebonded) pada sebagian dinding. Namun teknik tersebut adalah sebuah kesalahan yang bisa berakibat fatal.

Suara merambat melalui medium (udara / benda padat / struktur), dan untuk meredam suara yang baik dan benar, kita harus MEMOTONG / MEMISAHKAN rantai rambatan tersebut pada mediumnya. Karena itu, jika kita ingin meredam suara yang maksimal, kita harus "mengisolasi" sumber suara tersebut, sehingga tidak ada rambatan ke ruangan lain melalui medium.

Perlu diperhatikan, meredam suara di satu bidang dinding saja bisa tidak efektif, karena suara dapat merambat melalui dinding lain / plafon / lantai. Karena itu, teknik yang paling baik dalam "mengisolasi" sumber suara adalah membuat ruangan dalam ruangan (disebut Room-within-room) artinya tidak ada sisi / dinding/ plafon / lantai yang boleh menyentuh secara langsung dengan ruangan dasar. Caranya yaitu dengan menggunakan berbagai accesories (seperti isolator / spring / peer ) sehingga energi dan rambatan bisa diredam.


Berikut adalah contoh pembuatan lantai mengapung (floating floor) yang biasa kami lakukan untuk pembuatan studio musik.



dan ini contoh pemasangan Vibration Hanger untuk plafon menggantung (tidak menyentuh struktur sama sekali) untuk meredam rabatan.



Nah , lalu material peredaman apa yang baik dan benar efektif untuk meredam suara?

Pastinya material peredaman suara yang baik harus mencakup 3 hal :


1. Masa/bobot : dimana material harus berbobot. makin berbobot berat, makin baik meredam suara terutama frekuensi rendah . (misalkan bata merah / beton)


2. Kekakuan : material yang kaku sangat baik dalam menahan suara (blocking). (misalkan triplek)


3. Lebam : material yang lebam / flexible sangat berguna untuk menahan energi suara terutama low frekuensi yang berenergi besar. (misalkan vinyl)

.

Karena itu hanya menggunakan 1 jenis material saja belum tentu bisa meredam sepenuhnya dengan maksimal, terutama di low frekuensi.

SINERGI ACOUSTIC memiliki sistem kombinasi material yang teruji dan terbukti untuk meredam suara di semua frekuensi.

Berikut gambar dibawah adalah contoh salah satu sistem / teknik yang kami gunakan untuk bisa meredam secara efektif & efisien dengan memperhatikan 3 syarat diatas. Hubungi kami untuk kebutuhan peredaman anda yang efektif & efisien.


Untuk mengenallevel kekedapan suara, bisa membaca artikel ini : https://www.sinergiacoustic.com/post/mengenal-level-peredaman-suara-stc


152 views
  • Facebook Black Round
  • Instagram - Black Circle
  • YouTube Social  Icon

© Sinergi Acoustic Engineering

part of SAM Group