Search

Mengenal Level Peredaman Suara & Standard Kebisingan

Updated: 5 days ago

Dalam dunia akustik, kita mengenal level kekedapan suara yang disebut Sound Transmission Class (STC) dan Transmission Lost (TL). STC adalah satuan yang menentukan rating sebuah material sedangkan TL adalah satuan yg menentukan seberapa besar kemampuan suatu bidang (dinding / pintu / jendela / material) dalam meredam suara.

Dinding dengan rating STC-45 pastinya memiliki kemampuan meredam suara lebih baik dari STC-25.




Foto diatas ilustrasi Transimission Lost (TL) dimana adalah sebuah dinding mampu menahan suara hingga 45dB.

Namun perlu diperhatikan, perhitungan tersebut adalah perhitungan pada 1 titik frekuensi saja, yaitu pada frekuensi 1 Khz. Bagaimana dengan frekuensi lainnya (misalkan pada frekuensi rendah)? pastinya makin rendah frekuensi, maka energinya pun makin besar.

Karena itu jika sebuah dinding memiliki STC-45, maka kemampuan dinding untuk meredam di frekuensi rendah (misal 100hz) akan berbeda dengan kemampuannya meredam di frekuensi tinggi (misal 1khz).

Karena itu banyak sekali orang yang kaget (sekaligus kecewa) saat membuat/membeli material peredaman dengan sebut saja STC45 , namun suara rendah (low frekuensi) masih tetap bocor.

Contohnya bisa diliat pada graphic dibawah ini, sebuah dinding dengan rating STC-35 memiliki Transimission Lost (TL) sebesar 32dB pada 500hz namun pada frekuensi 125hz hanya 15dB.



Makin tebal dinding yang ada, makin besar juga kemampuan peredaman nya. Apalagi jika dinding tersebut diberi tambahan material peredaman seperti mineral wool / rockwool dan material penahan gelombang seperti Mass Loaded Vinyl (MLV) , pastinya akan menambah kemampuan dinding tersebut untuk menahan suara. Jika kita membuat dinding ganda (double wall) yang diberi ruang udara diantaranya (air gap), ini pun akan meningkatkan kemampuan dinding dalam menahan suara, asalakan tidak ada celah bocoran untuk suara dari dinding tersebut (airborne).

Karena itu , kualitas peredaman suara selalu berbanding lurus dengan biaya, karena untuk mendapatkan peredaman yang lebih, pastinya dibutuhkan material yang lebih. Namun dengan keahlian seorang konsultan yang berpengalaman, dapat meng-efisiensikan biaya dengan beberapa teknik yang terbukti dapat meredam suara dan mendapatkan STC lebih , dengan jumlah material yang sama. Karena itu, mengkonsultasikan kebutuhan peredaman anda dengan konsultan adalah langkah yang bijak untuk mengirit biaya dan mendapatkan hasil yang maksimal. (info lanjut jasa peredaman : klik disini)


Langkah selanjutnya yang perlu dipertimbangkan adalah seberapa kedap ruangan yang anda butuhkan? Pastinya setiap aplikasi / fungsi ruangan memerlukan tingkat kekedapan yang berbeda. Ada 2 faktor yang harus diperhatikan, yaitu :

  1. SUMBER SUARA : seberapa keras suara yang akan dihasilkan dalam ruangan sehingga tidak mengganggu keluar / sekitar.

  2. SUARA SEKITAR : seberapa keras potensi suara sekitar (outdoor noise) yang dapat mengganggu ke dalam ruangan kita.

Sebuah ruangan yang diperuntukan untuk studio rekaman pastinya membutuhkan tingkat kekedapan suara lebih tinggi untuk menghindari suara luar (outdoor noise) untuk masuk ke dalam studio dan terekam oleh microphone (LUAR ke DALAM).

Sedangkan untuk Home Theater / Karaoke room biasanya membutuhkan kekedapan suara untuk menghindari suara dapat bocor / keluar ruangan yang dapat mengganggu sekitar. (DALAM ke LUAR). karena itu keduanya perlu diperhatikan sumber suara mana yang lebih besar untuk menentukan seberapa besar Transmission Lost / STC rating yang dibutuhkan.



Berikut adalah tabel level loudness untuk suara sekitar yang dapat dijadikan acuan untuk mengetahui seberapa besar sumber suara yang perlu di kendalikan :



Berikut adalah STC RATING yang dapat digunakan sebagai acuan untuk menentukan level peredaman suara (STC) yang dibutuhkan untuk aplikasi anda.


Berikut adalah tabel kebocoran suara yang masih dapat ditoleransi secara umum ( acceptable noise ) :

note: standard dibawah ini adalah berdasarkan The National Environment (Noise Standards And Control) Regulations, 2003 dan memiliki standard yang berbeda untuk waktu siang dan waktu malam. Selain itu setiap negara juga memiliki standard yang berbeda .



0 views
  • Facebook Black Round
  • Instagram - Black Circle
  • YouTube Social  Icon

© Sinergi Acoustic Engineering

part of SAM Group