Search

Mengatasi Kebisingan Lingkungan di HOLYWINGS (PIK)

Updated: Jan 2

Pada tahun 2020, kami dihubungi oleh pihak Holywings (PIK) untuk menyelesaikan masalah kebocoran suara yang mengganggu lingkungan sekitar. Kasus yang sudah cukup lama berlangsung ini sudah pernah dilakukan peredaman oleh kontraktor interior lain dengan menempelkan rockwool pada seluruh permukaan dinding, namun kebocoran tersebut tetap masih mengganggu tetangga sekitar yang kebetulan memilik struktur bangunan yang menempel.

Pihak Hollywings pun sudah berusaha mengontrol volume dengan membeli alat ukur SPL meter sederhana, untuk memonitor level suara setiap malam, namun hal tersebut masih mengganggu sekitar dikarenakan alat tersebut hanya mengukur di satu titik frekuensi saja (yaitu di frekuensi middle, dan bukan frekuensi rendah yang merupakan sumber masalah terbesar , yaitu dari subwoofer).


Hal pertama yang kami lakukan adalah melakukan PENGUKURAN AKUSTIK di waktu malam hari tepat saat kondisi gangguan berlangsung menggunakan alat ukur kami yang lebih professional dan dapat mengukur di seluruh spektrum frekuensi (dari low frequency - hingga hi frekuensi).

Hasil pengukuran kami menunjukan bahwa gangguan tersebut terletak di frekuensi 100hz kebawah dan juga menyebabkan getaran bawah sadar. Walau suara tidak begitu terdengar oleh kuping, namun getaran frekuensi rendah tersebut cukup mengganggu psikologi manusia, apalgi disaat waktu istirahat malam.


Setelah mengetahui sumber masalahnya, kami melakukan survey dan analisa, untuk melihat sumber kebocoran. Setelah berhasil menutup semua kebocoran, kami juga menggunakan kombinasi material peredaman untuk mengejar target frekuensi tersebut.

note: setiap material peredaman memiliki target frekuensi yang berbeda. karena itu jenis peredaman yang satu mungkin tidak sesuai di tempat lain.


Setelah pekerjaan selesai dilakukan, kami melakukan pengukuran kembali dan hasilnya jauh lebih baik. Saat ini penghuni sekitar dapat tidur tenang dan pemilik bisnis bisa melanjutkan usahanya dengan lancar.



-------


info tentang team kami : https://www.sinergiacoustic.com/our-team

info tentang alat kami : https://www.sinergiacoustic.com/our-tools

info tentang jasa konsultasi kami : https://www.sinergiacoustic.com/services-1



42 views0 comments
  • Facebook Black Round
  • Instagram - Black Circle
  • YouTube Social  Icon

© Sinergi Acoustic Engineering

part of SAM Group