Search

Mengenal Binary Amplitude Diffuser (BAD) Acoustic Panel

Updated: Oct 13


Binary Amplitude Diffuser (atau biasa disebut juga Hybrid acoustic panel) adalah jenis treatment akustik 2 dimensi yang menggunakan pola berlubang dengan formula “pseudorandom sequence” untuk memaksimalkan penyerapan sekaligus penyebaran suara (hybrid). Jenis panel akustik ini adalah salah satu favorite karena kita bisa mendapatkan 2 manfaat dalam 1 system (efisien), yaitu Penyerapan (Absorbsi) dan Penyebaran (Diffusi).


Area “lubang” berfungsi menyerap frekuensi dibawah sekitar 1khz (letak gema yang mengganggu artikulasi) dan area “tidaklubang” berfungsi memantulkan/menyebarkan frekuensi diatas 1khz, sehingga suara high freq yang berperan memberikan kejernihan (clarity) tidak ikut terserap/hilang.


Panel ini biasanya memiliki diameter lubang sekitar 1,5cm - 2cm dan ketebalan penampang / lempengan berpengaruh terhadap scattering (kemampuan penyebaran) dan ketebalan dalam (yang biasa diisi mineral wool) berpengaruh terhadap jangkauan frekuensi yang diserap.

Tidak heran panel ini menjadi salah satu alternative pilihan yang paling efisien dan efektif dari segi biaya vs performa.


Berikut adalah curva yang menunjukan performa penyerapan dari BAD panel buatan RPG. Bisa dilihat bahwa pola BAD ini mampu menyerap hingga frekuensi cukup rendah yaitu 500hz yang cukup effective.



Untuk mendapatkan panel BAD seperti ini, anda bisa membeli produk ARTCOUSTIC dibawah ini




Berikut adalah contoh penggunaan beberapa custom BAD panel dalam proyek kami :









123 views
  • Facebook Black Round
  • Instagram - Black Circle
  • YouTube Social  Icon

© Sinergi Acoustic Engineering

part of SAM Group