Search

Hilangnya LOW FREQUENCY dalam ruangan Home Audio.

Updated: Jul 31

CASE STUDY :

HIGH-END HOME AUDIO



Pada bulan desember 2018 kami dihubungi oleh seorang klien untuk memperbaiki sebuah ruangan Hiend Home Audio di Sentul bogor. Rumah milik seorang pengusaha yang sangat passion dalam mencari kualitas suara. Hal itu terlihat dari pemilihan audio systemnya yang terdiri dari Focal Grand Utopia dengan power amp FM ACOUSTICS. Namun sayang sekali speaker seharga rumah tersebut tidak dapat dinikmati sepenuhnya karena hilangnya low frequency dalam ruangan tersebut. Ruangan tersebut padahal sudah menggunakan banyak sekali panel akustik kayu berupa diffuser (hampir full) namun terlihat tidak terkalkulasi dengan baik dan setelah kami analisa, ternyata pemasangan kurang tepat sehingga terdapat sedikit rongga di belakang panel yang ternyata menjadikan natural bass trap yang tidak seharusnya.

Speaker hiend FOCAL Grand Utopia yang seharusnya dapat menghasilkan frequency dengan jelas hingga 30hz, namun dalam ruangan tersebut terdengar sangat kosong (tanpa low) , seperti menggunakan HiPass filter di 100hz. Berikut adalah foto ruangan sebelum kami lakukan perombakan



Kami memulai project dengan analisa ruangan & pengukuran akustik.

Setelah melakukan pengukuran, kami menemukan adanya masalah di low frequency karena room modes / standing waves. Selain itu masalah lain yang kami temukan adalah Reverb Time (RT60) yang tidak merata / linear. Sehingga panjang reverb di freq rendah - freq tinggi tidak seimbang dan membuat pendengar kurang nyaman untuk menikmati khususnya music performance. Untuk tau lebih jauh tentang Room Modes bisa klik :https://www.sinergiacoustic.com/post/apa-itu-room-modes


Kami menggunakan beberapa jenis basstrap untuk memperbaiki low frekuensi seperti : Helmholtz resonantor, Perforated absorber, Broadband Slat absorber. Sedangkan untuk memperbaiki frequensi di area mid- high, kami menggunakan QRD diffuser dan absorber.

Alhasil, sang owner sangat puas dengan hasil yang didapat dan beliau merasakan improvement, terutama keseragaman tonal balance hampir di semua titik dalam ruangan.

Berikut adalah foto dan hasil akhir pengukuran akhir kami.







































363 views
  • Facebook Black Round
  • Instagram - Black Circle
  • YouTube Social  Icon

© Sinergi Acoustic Engineering

part of SAM Group