top of page

Dampak BUSA TELUR pada Akustik Ruangan.

Updated: Jul 19, 2022



Apa yang terjadi jika kita menempelkan busa telur / akustik foam pada seluruh permukaan ruangan?


BUSA TELUR / ACOUSTIC FOAM hanya berguna untuk menyerap suara di Hi frekuensi saja, karena kepadatannya (density) yang rendah. Karena itu, BUSA TELUR sering digunakan untuk menghilangkan gema / pantulan suara yang mengganggu kejelasan suara, seperti di ruangan studio podcast / voice over.


Namun apa yang terjadi jika ruangan yang dipenuhi dengan BUSA TELUR ini digunakan untuk merekam instrument musik yang memiliki frekuensi lebar (dari low frekuensi hingga hi frekuensi)?

Pastinya suara di frekuensi MID & LOW tersebut akan tetap “tidak terserap” dan menimbulkan masalah baru, yaitu : Tonalitas / karakter suara yang akan berubah menjadi lebih “muddy / mendem” serta kehilangan Clarity / kejernihan suara. Bayangkan jika suara tersebut akhirnya terekam oleh microphone dan di dengar di system lain? Pastinya diperlukan tindakan perbaikan seperti EQ yang ekstrem untuk memperbaiki suara tersebut, dan pastinya tidak akan sama seperti suara aslinya.

Skenario kedua adalah saat studio yang dipasang BUSA TELUR ini digunakan untuk mendengar musik / meramu musik (mixing / mastering). Pastinya sang audio engineer / pendengar akan selalu merasa kurang " hi frekuensi" dalam ruangan tersebut, yang mengakibatkan tindakan EQ yang berlebihan pada materi suara tersebut. Bayangkan apa yang terjadi jika suara yang OVER EQ tersebut, akhirnya di dengar di system lain diluar ruangan? Pastinya suara akan terdengar OVER BRIGHT (cempreng) dan tidak bisa dinikmati.


Oleh karena itu, sebaiknya kita tidak menggunakan BUSA TELUR ini pada seluruh ruangan, namun bisa mengkombinasikan dengan treatment akustik lainnya , seperti panel diffuser, reflektor, sesuai kebutuhan dan masalah dalam ruangan.

Jika anda membutuhkan treatment yang professional , anda bisa meng-hire seorang konsultan akustik yang akan menghitung kebutuhan ideal untuk ruangan anda.


Kami di SINERGI ACOUSTIC memberikan jasa konsultasi untuk kebutuhah Akustik Treatment , maupun Peredaman Suara. Silahkan menghubungi team kami di nomer tercantum di bawah ini :

Call / WA : 0895 7010 67970


-------


info tentang jasa konsultasi kami : https://www.sinergiacoustic.com/services-1

425 views0 comments

Recent Posts

See All
bottom of page