Search

Ruangan FULL DIFFUSER apakah baik?

Updated: Aug 2


(foto courtesy of Blackbird Studio)


Banyak kita melihat ruangan untuk critical listening (seperti studio mixing, hi-end audio room, dll) menggunakan acoustic treatment berjenis diffuser. Tidak tanggung, bahkan diffuser panel tersebut terpasang hampir di seluruh permukaan dinding dan plafon. Namun apakah menggunakan diffuser di seluruh permukaan tersebut adalah baik secara akustik? apa saja kelebihan dan kekurangannya? mari kita bahas bersama.


Pertama, kita harus memahami tujuan utama kita dalam melakukan treatment / perbaikan akustik dalam ruangan adalah untuk MENGENDALIKAN SUARA (pantulan / frekuensi). Pengendalian suara tersebut dapat dilakukan dengan 2 cara mendasar, yaitu :

  1. ABSORB : diserap dengan material berpori.

  2. DIFFUSE : disebarkan ke berbagai arah dengan material keras.

Setiap jenis material diatas pastinya memiliki kelebihan dan kekurangan dan berpengaruh terhadap Tonal Balance / Karakter dalam ruangan. Misal, kita bisa saja mengendalikan suara (frekuensi) dalam ruangan dengan cara di-ABSORB / di-SERAP, namun hasil akhirnya adalah karakter suara yang DEAD / KERING tanpa pantulan. Suara cenderung memerlukan power / tenaga yang lebih dalam ruangan ini. (contoh: ruang bioskop)


Sedangkan jika kita menggunakan material DIFFUSER (disebar), kita bisa mengendalikan suara (frekuensi) dengan tetep mempertahankan pantulan dalam ruangan karena material yang digunakan adalah material keras dan tidak berpori, sehingga suara lebih natural namun hanya efektif hingga frekuensi tertentu, dan material jenis ini tidak mampu menyebar suara pada frekuensi rendah, seperti saat kita menggunakan material ABSORBER.


Bisa terlihat pada hasil perhitungan PRD diffuser calculator dibawah ini , bahwa kita memerlukan panel diffuser setebal 85cm untuk bisa efektif menyebarkan frekuensi hingga 200hz. (ini jelas belum cukup, karena justru dalam ruangan kecil masalah utama adalah pada frekuensi dibawah 200hz).

(diffuser calculator from : http://actools.tunetown.de)


Pastinya ini akan menjadi sangat boros tempat jika kita hanya menggunakan diffuser untuk menyelesaikan seluruh masalah dalam ruangan. Contohnya adalah Blacbird Studio di Nashvile, USA ini yang menggunakan panel diffuser tipe PRD yang mencapai 1 meter lebih.

(foto courtesy Blacbird Studio)


Berikut adalah data penyerapan yang diambil dari produk Panel ABSORBER merk RPG Acoustic. Bisa kita lihat bahwa ABSORBER ini mampu menyerap frekuensi hingga frekuensi 126 hz cukup baik (dengan nilai alpha sebesar 0,8). Data juga menunjukan bahwa material ABSORBER ini cukup mampu menyerap frekuensi tinggi yang baik, yaitu nilai alpha 1 di frekuensi 3khz.

Bisa dibilang, material ABSORBER ini mampu menyerap frekuensi dengan rentang (bandwidth) yang cukup besar dan efektif menyerap frekuensi dengan merata.



(data diambil dari website https://www.rpgacoustic.com)


Berikut ini adalah data penyerapan yang diambil dari produk SKYLINE DIFFUSER merk RPG.

Disini terlihat bahwa panel ini tidak dapat menyerap frekuensi rendah dengan nilai alpha dibawah 0,4 pada frekuensi 250hz dan terus menurun seiring frekuensi rendah.

Namun panel ini memiliki kemampuan penyebaran (scattering) yang sangat baik di frekuensi tinggi, (dengan nilai 1 di frekuensi 4khz) sehingga sangat efektif untuk menghilangkan masalah gema pada frekuensi tinggi (seperti flutter echo) dengan tetap mempertahankan karakter ruangan yang natural / live.



(data diambil dari website https://www.rpgacoustic.com)


Jadi bagaimana jika ruangan menggunakan hanya DIFFUSER saja?

Pastinya low frekuensi akan tetap bermasalah karena tidak terserap dengan baik, namun frekuensi tengah dan tinggi yang berperan terhadap kejernihan suara (clarity) akan tersebar (diffuse) dengan baik.


Untuk itu, kita perlu menggunakan material DIFFUSER dan ABSORBER secara terukur dalam men-desain ruangan akustik , supaya ruangan memiliki karakter yang natural namun tetap memiliki penyebaran frekuensi merata.

Konsultan akustik yang berpengalaman dalam men-desain ruangan kecil, pastinya punya berbagai teknik untuk dapat mengendalikan suara (terutama frekuensi rendah), bukan hanya dengan memilih material tertentu, tapi juga menggunakan mekanisme tertentu yang dapat efektif meredam frekuensi rendah dengan ketebalan panel yang minim).


Berikut adalah PREDIKSI panjang gema ruangan yang dibuat oleh team engineering kami, dimana satu ruangan menggunakan ABSORBER di seluruh permukaan dan satu ruangan lain (dengan ukuran sama) menggunakan DIFFUSER di seluruh permukaan.

Ukuran Ruangan 4m x 5m x 3m.







Semoga bermanfaat!