Search

Simulasi & Auralisasi Akustik untuk Auditorium.

Updated: Aug 10



Tepat setahun lalu (April 2020) terjadi kebakaran hebat di sebuah auditorium gereja di daerah gading serpong yang menghanguskan seluruh bangunan berkapasitas 2500 orang tersebut. Tahun ini, pekerjaan restorasi ditargetkan selesai dan kami SINERGI ACOUSTIC telah dipercaya menjadi konsultan akustik dalam pembangunan kembali gedung tersebut.


ACOUSTIC MODELING

Tantangan terbesar kami adalah bangunan yang berbentuk oval (concave) yang akan membuat pantulan suara menjadi lebih terpusat. Hal pertama yang kami lakukan dalam mendesain akustik pada ruangan besar adalah membuat PERMODELAN AKUSTIK, yaitu proses menganalisa pantulan & penyebaran suara dalam ruangan dengan memperhitungkan seluruh aspek dalam ruangan, mulai dari geometri bentuk, hingga material (dinding, plafon, lantai & furniture).


Berikut adalah contoh permodelan akustik yang kami lakukan menggunakan software ODEON untuk mengejar beberapa target parameter akustik, seperti : Reverb Time (RT60), Clarity (C80), definisi (D50), Bass Ratio (BR) dan lainnya. Tentunya software tersebut hanyalah alat bantu, namun pengalaman dan keahlian acoustic enggineer tetap menjadi hal utama yang perlu dimiliki.



(note: dilarang menggunakan data tanpa seijin Sinergi Acoustic)



AURALISASI AKUSTIK

Setelah permodelan akustik dibuat kita dapat mendengar prediksi suara dalam ruangan tersebut bahkan sebelum ruangan dibuat. Berikut adalah contoh hasil auralisasi dari permodelan auditorium GBI BASILEA Tangerang, yang diambil dari 3 posisi pendengar : Depan , Tengah Belakang dan dalam 2 skenario : Ruangan Kosong & Ruangan Terisi.

Perlu di ingat yang anda akan dengar adalah prediksi suara ruangan (gema) dengan asumsi sumber suara asli (suara manusia / instrument analog) dan bukan sumber loudspeaker.

(note: gunakan earphone / headphone untuk hasil lebih maksimal).





50 views0 comments

Recent Posts

See All