Search

Target Akustik Gedung Perkantoran : ALLIANZ New Headquarter.

Updated: Jun 14

Pada tahun 2019, Sinergi Acoustic resmi ditunjuk sebagai Konsultan Akustik untuk relokasi pembangunan kantor baru ALLIANZ di gedung World Trade Center, Jakarta Pusat.

ALLIANZ adalah salah satu perusahaan asuransi terkemuka di dunia dan urutan ke-25 sebagai perusahaan terbesar di dunia dengan 86 juta nasabah.

Tentu ini adalah tantangan yang cukup besar bagi kami mendapat kepercayaan untuk memastikan bahwa setiap ruangan pada total 5 lantai ini mencapai standard akustik yang baik dan sesuai standard, yang mencakup : peredaman suara , pengendalian gema, kejelasan suara ucap, dll.


Untuk itu, sejak awal kami berkordinasi dengan berbagai pihak, seperti interior desain & kontraktor, untuk me-review gambar kerja & memberikan rekomendasi material & struktur terhadap setiap ruangan. Berikut adalah standarisasi yang kami gunakan dalam menentukan target akustik untuk gedung perkantoran :

(note: Dilarang menggunakan data tanpa seijin PT Sinergi Anugrah Mandiri - Sinergi Acoustic)



NOISE ISOLATION (Peredaman Suara)


Dalam menentukan peredaman suara, hal pertama yang kami lakukan adalah menentukan target peredaman suara sesuai dengan kebutuhan di setiap ruangan. Setiap ruangan memerlukan tingkat kekedapan suara yang berbeda, atau biasa disebut 'Speech Privacy", dan hal ini menjadi sangat penting terutama di ruang Board Room / CEO Room / Conference Room. Kami membagi kategori Speech Privacy tersebut menjadi 3 kategori, seperti yang terlihat pada grafik dibawah ini :


Setelah mendapatkan target peredaman yang sesuai, kami mulai melakukan kalkulasi & prediksi akustik (baik secara perhitungan manual & software) pada setiap struktur dinding, plafon, lantai (termasuk partisi).




ROOM ACOUSTIC (Pengendalian waktu dengung / gema)

Selain memperhatikan peredaman suara antar ruangan, kami juga menghitung gema pada ruangan di berbagai frekuensi untuk memastikan kejelasan suara ucap, hal ini penting sekali terutama pada ruang Meeting Room yang cukup besar dan juga Call Center yang cukup bising namun harus tetap memiliki kejelasan artikulasi suara. Berikut adalah Key Target & Prediksi yang kami gunakan dalam perhitungan Room Acoustic (pengendalian gema) untuk gedung perkantoran :

(note: Dilarang menggunakan data tanpa seijin PT Sinergi Anugrah Mandiri - Sinergi Acoustic)



ACOUSTIC MEASUREMENT

Setelah semua pekerjaan selesai, kami melakukan pengukuran akustik terhadap seluruh parameter yang sudah ditargetkan sejak awal. Dalam tahap ini, kami menggunakan alat ukur akustik professional, class-1, dengan mikrofon khusus yang terkalibrasi , untuk hasil yang akurat (karena perhitungan suara akan sangat detail hingga rentang mili detik).

Teknik pengukuran yang kami lakukan juga mengikuti prosedur ISO-16823-2 sehingga laporan dapat sesuai standard & dapat dipertanggungjawabkan.









15 views0 comments