Search

Mengenal STC : Cara menentukan level peredaman suara yang tepat.

Updated: Feb 25



Dalam dunia akustik, dikenal level peredaman suara yang disebut STC (Sound Transimission Class). Apa itu STC?

STC adalah nilai / rating hasil pengukuran rata-rata di laboratorium untuk sebuah struktur dinding terhadap kemampuan peredaman suara.

Contoh : sebuah dinding gipsum memiliki rating STC-30 sedangkan sebuah dinding bata memiliki rating STC-40, artinya dinding bata tersebut memiliki kemampuan untuk meredam suara lebih tinggi daripada dinding gipsum.


Berikut adalah table level STC terhadap kemampuan meredam suara. Makin tinggi STC, makin tinggi kemampuannya untuk meredam suara.


Selain STC, kita juga mengenal istilah yang disebut TL (Transimission Lost) yang merupakan ukuran seberapa besar energi suara yang berhasil diredam oleh suatu struktur dinding.

Artinya, jika ada sumber suara sebesar 100dB dalam suatu ruangan dan lalu kita ukur di ruangan sebelah adalah sebesar 55dB , maka TL dari dinding tersebut adalah sebesar 45dB. (selisih 100db - 55db = 45dB)


Namun apakah dinding yang memiliki TL sebesar 45dB tersebut bisa disebut memiliki nilai STC-45 ?? Jawabannya: TIDAK!

Karena rating STC adalah hasil akhir perhitungan rata-rata dari 16-18 titik frekuensi berbeda.


Berikut adalah contoh curva dari dinding yang memiliki nilai rating STC-32 dan STC-42.

Terlihat bahwa walaupun keduanya memiliki nilai STC-32 dan STC-42 , namun dinding tersebut TIDAK DAPAT meredam suara sebesar 32dB ataupun 42dB di frekuensi rendah.

Karena itu , jangan heran jika anda memiliki dinding dengan nilai STC-32 atau bahkan STC-42, namun suara low frekuensi masih tembus terdengar, hal itu dikarenakan dinding tersebut tidak mampu menahan suara low frekuensi sebaik suara di frekuensi tinggi.


Untuk itu, untuk menentukan material apa yang cocok dan tepat untuk kebutuhan anda, sebaiknya anda melihat secara lengkap graphic dari nilai STC dari dinding / pintu / jendela yang akan anda gunakan. Sekali lagi, dinding dengan nilai STC-40 belum tentu memiliki kemampuan peredaman (Transmission Lost) sebesar 40dB di frekuensi rendah.


Berapa nilai STC yang direkomendasikan?

Jika anda bingung menentukan nilai STC yang ideal untuk proyek anda, berikut adalah acuan standard dari The National Research Council of Canada : https://nrc-publications.canada.ca/eng/view/accepted/?id=373ddd15-38b8-49ab-906a-6cea5ebb5f64


Research tersebut menentukan bahwa STC ideal untuk ruangan musik adalah STC-55 hingga STC-60+ , namun jika ruangan anda untuk sebatas percakapan biasa / meeting room, maka STC-45 dinilai cukup.



Semoga bermanfaat!




209 views0 comments
  • Facebook Black Round
  • Instagram - Black Circle
  • YouTube Social  Icon

© Sinergi Acoustic Engineering

part of SAM Group