Search

Pentingkah menggunakan jasa Konsultan Akustik?

Updated: Jun 5



Konsultan akustik merupakan sebuah "title" yang diberikan masyarakat kepada seseorang / sebuah instansi perusahaan yang dianggap kredibel dan memiliki pengalaman untuk dapat dipercaya dalam mengerjakan suatu karya. Sayangnya tidak semua konsultan memiliki kredibilitas tersebut, apalagi dalam dunia Akustik yang cenderung baru di Indonesia.

Pastinya, Konsultan yang kredibel harus memiliki background edukasi yang resmi (misal Teknik Fisika Bangunan atau Arsitektur Akustik) dan ada baiknya memiliki sertifikasi resmi dari lembaga akustik untuk melakukan pengukuran akustik di lapangan yang dapat dipertanggung jawabkan.


Lalu apa saja peran konsultan dalam sebuah proyek?

Apakah manfaat yang bisa didapat oleh klien jika menggunakan jasa konsultan akustik?


Berikut adalah list dari cakupan pekerjaan kami sebagai Konsultan Akustik :

  1. Pre-Development Survey : melakukan survey awal dan pengukuran akustik di lapangan yang mencakup : environment noise, building noise, internal room acoustic, reverb time, speech clarity, dll. Pengukuran menggunakan alat ukur professional class-1 dengan engineer bersertifikasi sesuai ISO 16283-1. Anda akan mendapatkan Report yang detail dan komprehensif mengenaik kondisi akustik di lapangan, sehingga kita bisa melakukan perhitungan dan analisa yang tepat guna.

  2. Acoustic Calculation : jasa perhitungan dan kalkulasi untuk peredaman material dan interior untuk mencapai target tertentu sesuai standard ataupun target yang diperlukan. Berbagai software digunakan untuk membantu proses perhitungan untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

  3. Prediction & Simulation : setelah perhitungan material selesai, kami melakukan Prediksi & Simulasi terhadap rekomendasi tersebut , menggunakan software , sehingga klien bisa mendapatkan kepastian sebelum proyek dilakukan. Bahkan klien bisa mendengar secara audible hasil simulasi dalam ruangan tersebut.

  4. Project Supervision : kami memberikan pendampingan selama proyek berlangsung untuk memastikan setiap pekerjaan sesuai dokumen teknis dan mendapatkan hasil maksimal.

  5. Acoustic Measurement : tahap akhir adalah melakukan pengukuran akustik final yang akan dicocokan dengan prediksi awal sehingga semua rekomendasi dapat dipertanggung jawabkan secara terukur.


Demikianlah peran seorang konsultan akustik dalam sebuah proyek dan pastinya target utama kami adalah untuk dapat memberikan solusi yang paling efektif dan efisien sehingga klien tidak perlu mengeluarkan budget yang berlebihan dan lebih tepat guna.


apakah anda memerlukan jasa konsultasi kami?

hubungi kami di Call/WA : 0895 7010 67970

email : sinergiacoustic@gmail.com

13 views0 comments